Logo-Pakpol Logo-Pakpol
Data & Alat
Kamis, 04 Juli 2024 | 14:30 WIB
STATISTIK KEBIJAKAN FISKAL
Rabu, 03 Juli 2024 | 08:55 WIB
KURS PAJAK 03 JULI 2024 - 09 JULI 2024
Senin, 01 Juli 2024 | 09:36 WIB
KMK 10/KM.10/2024
Rabu, 26 Juni 2024 | 08:45 WIB
KURS PAJAK 26 JUNI 2024 - 02 JULI 2024
Fokus
Reportase

Diresmikan, Klinik Pajak Vokasi UI Usung Konsep Teaching Factory

A+
A-
7
A+
A-
7
Diresmikan, Klinik Pajak Vokasi UI Usung Konsep Teaching Factory

Berfoto bersama setelah peresmian Klinik Pajak Vokasi UI. 

DEPOK, DDTCNews – Program Studi (Prodi) Administrasi Perpajakan, Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (UI) meresmikan Klinik Pajak pada Rabu (19/11/2022).

Klinik Pajak ini merupakan salah satu program unggulan dari dana kompetisi kampus vokasi (competitive fund vokasi) melalui program hibah pengembangan Program Sarjana Terapan Berbasis Industri Ditjen Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Klinik Pajak berkonsep teaching factory sebagai penerapan sistem prosedur kerja yang dilakukan industri konsultan pajak dalam memberikan jasa perpajakan kepada klien atau para wajib pajak. Vokasi UI menggandeng 3 mitra industri dari kantor konsultan pajak, yakni DDTC, MUC, dan Ortax.

Baca Juga: Kejar Penerimaan Pajak di Semester II, Sri Mulyani Ungkap 3 Strategi

Direktur Vokasi UI Sigit Pranowo Hadiwardoyo mengatakan sejak 2013, Prodi Administrasi Perpajakan secara konsisten telah memberikan pelayanan bebas biaya. Pelayanan itu berupa konsultasi asistensi pengisian SPT Tahunan orang pribadi, baik di lingkungan UI maupun berbagai perusahaan mitra.

“Sebelumnya, konsultasi pajak dilakukan dalam bentuk pengabdian masyarakat dan telah menjadi program yang dinanti-nanti masyarakat. Dengan adanya Klinik Pajak ini, diharapkan para relawan pajak dapat memiliki wadah untuk memberikan pelayanan yang lebih luas,” ujar Sigit.

Dia juga mengapresiasi kontribusi dari para mitra dalam proses pembentukan Klinik Pajak dan pembelajaran di Vokasi UI. Dia berharap kolaborasi ini dapat terus berlanjut karena kurikulum vokasi didominasi praktikum. Vokasi UI, sambungnya, sangat membutuhkan link and match dengan industri.

Baca Juga: Wawancara Calon Hakim Agung, Termasuk TUN Khusus Pajak, Tonton di Sini

Adapun peresmian Klinik Pajak dilakukan Sigit Pranowo Hadiwardoyo bersama Partner DDTC Fiscal Research & Advisory B. Bawono Kristiaji, Director of Tax Compliance MUC Consulting Sigit Wibowo, dan Tax Specialist Ortax Bambang Setiawan.

Ketua Program Studi Administrasi Perpajakan Vokasi UI Arie Widodo mengatakan fungsi teaching factory akan menjembatani kompetensi pengetahuan dan keterampilan yang diberikan kampus dengan kebutuhan industri bagi para mahasiswa.

“Konsep ini juga akan memberikan pengalaman dan tantangan kepada para mahasiswa untuk menemukan solusi atas masalah yang dihadapi para klien agar dapat memiliki kompetensi di bidangnya guna memenuhi kebutuhan industri setelah lulus dari Vokasi UI,” jelasnya.

Baca Juga: Penerimaan Bea dan Cukai 2024 Diprediksi Kembali Shortfall Rp24,5 T

Klinik Pajak sebagai teaching factory telah diterapkan juga dibeberapa negara sebagai bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, seperti di Amerika (Federal Tax Clinic dan Harvard Law School), Australia (Melbourne Law School Tax Clinic dan University of Melbourne), serta berbagai negara lainnya.

Menurutnya, layanan yang diberikan antara lain perhitungan, penyetoran dan pelaporan pajak bulanan (SPT Masa), perhitungan, penyetoran dan pelaporan SPT Tahunan baik orang pribadi maupun badan, serta pendampingan pemeriksaan, keberatan, dan banding.

Ada pula layanan terkait dengan, pendampingan SP2DK, pembuatan SOP Perpajakan, tax review, tax planning, program pengungkapan sukarela (PPS), pembuatan laporan keuangan, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Opsen Pajak Kendaraan di Kabupaten Wonosobo Diatur, Begini Detailnya

Selama pandemi Covid-19, layanan konsultasi secara daring tetap diberikan para relawan pajak. Selain itu, Klinik Pajak juga membuka layanan konsultasi tatap muka di Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia bagi seluruh wajib pajak mulai awal Februari 2022.

“Bagi wajib pajak badan dan orang pribadi yang berkeinginan untuk berkonsultasi dapat menghubungi Klinik Pajak via email [email protected],” imbuh Arie Widodo. (kaw)

Baca Juga: Target Pajak Diperkirakan Tidak Tercapai, Shortfall Rp66,9 Triliun

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

Topik : kampus, pajak, Universitas Indonesia, Vokasi UI, Klinik Pajak

KOMENTAR

0/1000
Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT

Minggu, 07 Juli 2024 | 17:00 WIB
KPP PRATAMA CURUP

Kegiatan Membangun Sendiri Dilakukan Bertahap, Begini Aturan PPN-nya

Minggu, 07 Juli 2024 | 15:30 WIB
UU KUP

Fungsi SPT bagi Wajib Pajak, PKP dan Pemotong Sesuai UU KUP

Minggu, 07 Juli 2024 | 14:30 WIB
KP2KP BINTUHAN

Kumpulkan Data Pengusaha, Petugas Pajak Kunjungi Dinas Pariwisata

berita pilihan

Senin, 08 Juli 2024 | 17:00 WIB
PENERIMAAN PAJAK

Kejar Penerimaan Pajak di Semester II, Sri Mulyani Ungkap 3 Strategi

Senin, 08 Juli 2024 | 16:45 WIB
SELEKSI HAKIM AGUNG

Wawancara Calon Hakim Agung, Termasuk TUN Khusus Pajak, Tonton di Sini

Senin, 08 Juli 2024 | 16:05 WIB
PENERIMAAN PERPAJAKAN

Penerimaan Bea dan Cukai 2024 Diprediksi Kembali Shortfall Rp24,5 T

Senin, 08 Juli 2024 | 16:00 WIB
KABUPATEN WONOSOBO

Opsen Pajak Kendaraan di Kabupaten Wonosobo Diatur, Begini Detailnya

Senin, 08 Juli 2024 | 15:15 WIB
PENERIMAAN PAJAK

Penerimaan Pajak Terkontraksi 7,9%, Sri Mulyani Ungkap 2 Penyebabnya

Senin, 08 Juli 2024 | 15:00 WIB
PAJAK PENGHASILAN

Pegawai Dapat Uang untuk Sewa Kos dari Pemberi Kerja, Kena PPh 21?