Logo-Pakpol Logo-Pakpol
Data & Alat
Kamis, 04 Juli 2024 | 14:30 WIB
STATISTIK KEBIJAKAN FISKAL
Rabu, 03 Juli 2024 | 08:55 WIB
KURS PAJAK 03 JULI 2024 - 09 JULI 2024
Senin, 01 Juli 2024 | 09:36 WIB
KMK 10/KM.10/2024
Rabu, 26 Juni 2024 | 08:45 WIB
KURS PAJAK 26 JUNI 2024 - 02 JULI 2024
Fokus
Reportase

Sengketa PPN atas Penjualan Sepeda Motor Baru

A+
A-
1
A+
A-
1
Sengketa PPN atas Penjualan Sepeda Motor Baru

RESUME Putusan Peninjauan Kembali (PK) ini merangkum sengketa pajak pertambahan nilai (PPN) atas penjualan sepeda motor baru yang belum dibayarkan pajaknya. Dalam perkara ini, wajib pajak memiliki usaha pada bidang penjualan sepeda motor baru dan bekas.

Otoritas pajak menyatakan wajib pajak telah melakukan penjualan sepeda motor baru kepada konsumen melalui sistem penjualan putus. Namun demikian, atas transaksi penjualan tersebut belum dikenakan PPN sehingga dilakukan koreksi oleh otoritas pajak.

Sebaliknya, wajib pajak menyatakan pihaknya tidak pernah melakukan penjualan sepeda motor baru kepada pihak konsumen. Wajib pajak hanyalah sebagai pihak perantara antara dealer dan pihak konsumen. Dengan demikian, tidak terdapat transaksi yang harus dipungut PPN dan koreksi yang dilakukan otoritas pajak tidak dapat benarkan.

Baca Juga: Kejar Penerimaan Pajak di Semester II, Sri Mulyani Ungkap 3 Strategi

Pada tingkat banding, Majelis Hakim Pengadilan Pajak memutuskan untuk mengabulkan sebagian permohonan banding yang diajukan oleh wajib pajak. Kemudian, di tingkat PK, Mahkamah Agung menolak permohonan PK yang diajukan otoritas pajak.

Apabila tertarik membaca putusan ini lebih lengkap, kunjungi laman Direktori Putusan Mahkamah Agung atau Perpajakan ID.

Kronologi

WAJIB pajak mengajukan banding ke Pengadilan Pajak atas keberatannya terhadap penetapan otoritas pajak. Majelis Hakim Pengadilan Pajak berpendapat wajib pajak tidak melakukan pembelian sepeda motor baru dari pihak dealer dan tidak melakukan penjualan langsung kepada konsumen.

Baca Juga: Kegiatan Membangun Sendiri Dilakukan Bertahap, Begini Aturan PPN-nya

Penjualan sepeda motor dilakukan secara langsung oleh pihak dealer kepada konsumen. Hal ini terbukti dari diterbitkannya faktur kepada konsumen dan bukan kepada wajib pajak. Dengan demikian, koreksi yang dilakukan otoritas pajak tidak dapat dibenarkan.

Terhadap permohonan banding tersebut, Majelis Hakim Pengadilan Pajak memutuskan mengabulkan sebagian permohonan banding yang diajukan oleh wajib pajak. Selanjutnya, dengan diterbitkannya Putusan Pengadilan Pajak No. PUT-60694/PP/M.VIA/16/2015 tanggal 31 Maret 2015, otoritas pajak mengajukan upaya hukum PK secara tertulis ke Kepaniteraan Pengadilan Pajak pada 15 Juli 2015.

Pokok sengketa dalam perkara ini adalah koreksi dasar pengenaan pajak (DPP) atas penjualan sepeda motor baru senilai Rp1.490.390.933 yang tidak dapat dipertahankan Majelis Hakim Pengadilan Pajak.

Baca Juga: Pengesahan RUU PPN PMSE Jadi Prioritas Parlemen Filipina

Pendapat Pihak yang Bersengketa

Pemohon PK menyatakan keberatan atas pertimbangan hukum Majelis Hakim Pengadilan Pajak. Sebagai informasi, Termohon PK merupakan pihak perantara atas transaksi penjualan sepeda motor baru dan sepeda motor bekas. Penjualan sepeda motor tersebut dilakukan dengan pembayaran secara tunai (cash) dan kredit melalui lembaga pembiayaan atau leasing.

Pada 2010, berdasarkan data yang tersedia, Pemohon PK mendeteksi adanya pembelian sepeda motor baru oleh Termohon PK yang dibeli dari beberapa dealer, yaitu CV A, CV B, dan PT C. Namun demikian, atas pembelian sepeda motor baru tersebut belum dipungut PPN. Selain itu, Termohon PK juga tidak melaporkan yang terutang.

Dalam persidangan, Pemohon PK telah menyerahkan bukti-bukti berupa laporan hasil pemeriksaan, kertas kerja pemeriksaan, pemberitahuan daftar hasil penelitian keberatan, surat perjanjian kerja sama No. 109/Ayk/SkA/l/2007, surat perincian data pembelian motor, cek pembayaran, surat jawaban konfirmasi, dan surat No. 296/Ayk/Sk/I/2015.

Baca Juga: Ingin Batalkan Faktur Pajak Tapi Beda Tahun, Apakah Bisa?

Apabila telusuri lebih lanjut, berdasarkan pada surat jawaban konfirmasi mengenai perincian data pembelian motor yang ditandatangani oleh CV A, diperoleh informasi Termohon PK juga telah membeli motor baru darinya.

Adapun pembelian motor yang dilakukan Termohon PK dari CV A adalah pembelian putus. Dalam hal ini, pemesanan dilakukan melalui telepon, pengiriman barang dijemput sendiri oleh Termohon PK, dan pembayaran dilakukan melalui cek atau bilyet giro.

Kemudian, mengacu pada surat perincian data pembelian motor dari CV B, diketahui Termohon PK telah membeli motor baru. Transaksi penjualan antara Termohon PK dengan CV B tersebut dilakukan dengan sistem jual beli putus.

Baca Juga: Sengketa PPh Pasal 26 atas Jasa Luar Negeri

Berdasarkan pada data-data dan fakta-fakta di atas, Termohon PK telah terbukti melakukan pembelian motor baru dari CV A, CV B, dan PT C. Adapun pembelian motor tersebut dilaksanakan melalui sistem jual beli putus dan seharusnya terutang PPN. Dengan demikian, koreksi yang dilakukan Pemohon PK sudah benar dan selayaknya dipertahankan.

Sebaliknya, Termohon PK menyatakan tidak setuju atas koreksi yang dilakukan oleh Pemohon PK. Dalam transaksi penjualan sepeda motor, Termohon PK hanya menjadi pihak perantara antara dealer dengan konsumen. Menurut Termohon PK, sepeda motor baru yang diserahkannya kepada konsumen adalah milik dealer dan bukan milik Termohon.

Kemudian, apabila terdapat sepeda motor yang terjual, Termohon PK akan memperoleh komisi dari pihak dealer. Dengan kata lain tidak terdapat penyerahan PPN yang terutang dan harus dilaporkan oleh Termohon PK. Oleh karenanya, koreksi yang dilakukan Pemohon PK tidak benar dan seharusnya dibatalkan.

Baca Juga: Ada Fasilitas Kepabeanan Khusus untuk UMKM, Bisa Perluas Akses Pasar

Pertimbangan Mahkamah Agung

Mahkamah Agung berpendapat alasan-alasan permohonan PK tidak dapat dibenarkan. Putusan Pengadilan Pajak yang menyatakan mengabulkan sebagian permohonan banding sudah tepat dan benar. Terdapat 3 pertimbangan hukum Mahkamah Agung sebagai berikut.

Pertama, alasan-alasan permohonan PK dalam perkara a quo terkait dengan koreksi positif DPP atas penjualan sepeda motor baru senilai Rp1.490.390.933 tidak dapat dibenarkan.

Sebab, setelah meneliti dan menguji kembali dalil-dalil yang diajukan oleh para pihak, pendapat Pemohon PK tidak dapat menggugurkan fakta-fakta dan melemahkan bukti-bukti yang terungkap dalam persidangan serta pertimbangan hukum Majelis Hakim Pengadilan Pajak.

Baca Juga: Cara Cari Kurs Pajak Saat Ini dan Trennya Lewat DDTCNews

Kedua, dalam perkara ini, Termohon PK hanya sebagai perantara transaksi penjualan sepeda motor baru dari dealer kepada konsumen. Artinya, Termohon PK tidak melakukan pembelian sepeda motor baru kepada dealer dan tidak melakukan penjualan langsung kepada konsumen. Sebagai pihak perantara, Termohon PK hanya memperoleh komisi dari dealer atas sepeda motor yang terjual. Adapun komisi penjualan bukan merupakan objek PPN.

Ketiga, koreksi yang dilakukan Pemohon PK tidak dapat dipertahankan. Selain itu, tidak terdapat putusan Pengadilan Pajak yang nyata-nyata bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku sebagaimana diatur dalam Pasal 91 huruf e UU No. 14 Tahun 2002 tentang Pengadilan Pajak.

Berdasarkan pertimbangan di atas, permohonan PK yang diajukan Pemohon PK dinilai tidak memiliki landasan yang jelas sehingga harus ditolak. Dengan demikian, Pemohon PK dianggap sebagai pihak yang kalah dan harus membayar biaya perkara.

Baca Juga: Hayo, DJP Ingatkan Lagi Tiga Kewajiban yang Perlu Dijalankan WP PKP

(Disclaimer)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

Topik : resume putusan, pengadilan pajak, sengketa pajak, PPN

KOMENTAR

0/1000
Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT

Kamis, 27 Juni 2024 | 16:00 WIB
PENERIMAAN PAJAK

Setoran PPN Turun, Sri Mulyani Sebut Konsumsi Masyarakat Tetap Positif

Rabu, 26 Juni 2024 | 15:23 WIB
LITERATUR PAJAK

Publikasi Internasional, Profesional DDTC Bahas Soal Sengketa Pajak

Rabu, 26 Juni 2024 | 08:45 WIB
KURS PAJAK 26 JUNI 2024 - 02 JULI 2024

Kurs Pajak Terbaru: Rupiah Lesu Terhadap Dolar AS dan Mayoritas Negara

berita pilihan

Senin, 08 Juli 2024 | 21:57 WIB
KAMUS KEPABEANAN

Apa Itu CEISA yang Dikembangkan Ditjen Bea Cukai?

Senin, 08 Juli 2024 | 17:40 WIB
PERATURAN PERPAJAKAN

Aturan Bebas Bea Masuk Bibit dan Benih Pertanian, Download di Sini

Senin, 08 Juli 2024 | 17:30 WIB
APBN 2024

Sri Mulyani Proyeksikan Kinerja PNBP Lampaui Target Tahun Ini

Senin, 08 Juli 2024 | 17:00 WIB
PENERIMAAN PAJAK

Kejar Penerimaan Pajak di Semester II, Sri Mulyani Ungkap 3 Strategi

Senin, 08 Juli 2024 | 16:45 WIB
SELEKSI HAKIM AGUNG

Wawancara Calon Hakim Agung, Termasuk TUN Khusus Pajak, Tonton di Sini

Senin, 08 Juli 2024 | 16:05 WIB
PENERIMAAN PERPAJAKAN

Penerimaan Bea dan Cukai 2024 Diprediksi Kembali Shortfall Rp24,5 T

Senin, 08 Juli 2024 | 16:00 WIB
KABUPATEN WONOSOBO

Opsen Pajak Kendaraan di Kabupaten Wonosobo Diatur, Begini Detailnya

Senin, 08 Juli 2024 | 15:15 WIB
PENERIMAAN PAJAK

Penerimaan Pajak Terkontraksi 7,9%, Sri Mulyani Ungkap 2 Penyebabnya