Logo-Pakpol Logo-Pakpol
Data & Alat
Kamis, 04 Juli 2024 | 14:30 WIB
STATISTIK KEBIJAKAN FISKAL
Rabu, 03 Juli 2024 | 08:55 WIB
KURS PAJAK 03 JULI 2024 - 09 JULI 2024
Senin, 01 Juli 2024 | 09:36 WIB
KMK 10/KM.10/2024
Rabu, 26 Juni 2024 | 08:45 WIB
KURS PAJAK 26 JUNI 2024 - 02 JULI 2024
Fokus
Reportase

Lembaga Keuangan Tak Setor Data, Begini Sanksinya

A+
A-
0
A+
A-
0
Lembaga Keuangan Tak Setor Data, Begini Sanksinya

JAKARTA, DDTCNews – Pagi ini, Kamis (15/2), kabar datang dari Ditjen Pajak yang menyatakan ada risiko hukuman penjara dan membayar denda bagi pimpinan maupun pegawai perusahaan keuangan jika tidak memberikan data dan informasi nasabah keuangan dalam rangka Automatic Exchange of Information (AEoI) mulai April 2018.

Direktur Penyuluhan, Pelayanan dan Humas Ditjen Pajak Hestu Yoga Saksama mengatakan ancaman penjara 1 tahun dan dena maksimal Rp1 miliar mengintai perusahaan keuangan dengan pengelolaannya yang mengelak dari kewajiban tersebut.

Ketentuan sanksi itu dimuat dalam UU Nomor 9/2017 yang menyebutkan laporan data nasabah minimal harus memuat identitas pemegang rekening keuangan, nomor rekening keuangan, identitas perusahaan keuangan, saldo atau nilai rekening keuangan dan penghasilan atas isi rekening keuangan.

Baca Juga: Sudah 7 Layanan Resmi Pakai NIK sebagai NPWP, Siap-Siap Bertambah!

Sesuai PER 04/2018 lembaga keuangan wajib mendaftar lebih dulu ke Ditjen Pajak paling lambat pada akhir Februari 2018, sebagai prasyarat awal implementasi tersebut. Ditjen Pajak pun akan otomatis mendaftarkan lembaga keuangan terkait jika tidak juga mendaftarkan diri hingga akhir Februari ini.

Berita selanjutnya isu pajak masih menjadi perbincangan hangan di tengah isu ekonomi makro Indonesia. Berikut ringkasannya:

  • Sistem IT Ditjen Pajak Belum Siap Terapkan AEoI

Direktur Penyuluhan, Pelayanan dan Humas Ditjen Pajak Hestu Yoga Saksama mengatakan portal Exchange of Information (EoI) baru bisa rampung pekan depan, meski akhir pendaftarannya akan berakhir pada Februari 2018. Sayangnya, Ditjen Pajak belum mengujicobakan portal EoI sama sekali dan sejauh ini proses pengerjaannya baru mencapai 34% saja. Ditjen Pajak masih memiliki waktu 2 minggu untuk merampungkan sistem, menguji coba, sekaligus menjalankan mekanisme sistem pada akhir Februari ini. Dalam waktu sesingkat itu, Ditjen Pajak masih bisa memproyeksi proses pelaporan itu tidak akan banyak mengganggu hal lain, karena dibuat sesederhana mungkin dan sesuai standar yang telah diatur dalam OECD Global Forum.

Baca Juga: Wajib Pajak Pusat Perlu Mutakhirkan Data agar Cabang Dapat NITKU
  • BTN Jamin Data Nasabah Aman di Tangan Petugas Pajak

Direktur Bank Tabungan Negara (BTN) Iman Nugroho mengakui tengah mempersiapkan secara teknis soal pelapooran data nasabah kepada Ditjen Pajak. Dia memastikan data yang dikirim ke Ditjen Pajak sudah dijamin keamanannya. Pasalnya, data tersebut hanya bisa diakses oleh petugas Ditjen Pajak tertentu yang ditugaskan dan tidak bisa oleh petugas Ditjen Pajak lain tapi tidak ditugaskan. Keamanan dan kerahasiaan data wajib pajak sejak beberapa hari lalu sempat mengakhawatirkan sejumlah kalangan. Di samping itu, Bank BTN enggan melakukan sosialisasi mengenai adanya pelaporan data nasabah perbankan kepada Ditjen Pajak. Menurut Iman hal itu menjadi tugas pemerintah dalam mengedukasi dan menyebarluaskan hasil kebijakannya.

  • 400 Ribu Nasabah Bank Domestik Wajib Lapor Data

Kasubdit KUP Direktorat Peraturan Perpajakan I Ditjen Pajak Dodik Samsu Hidayat menyebutkan ada 400 ribu wajib pajak yang memiliki rening perbankan di atas Rp1 miliar, berdasarkan data Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Berdasarkan data LPS, jumlah seluruh rekening yang tercatat per Desember 2017 sebanyak 243,37 juta rekening dengan total nominal dana senilai Rp5.363,1 triliun. Sedangkan total rekening yang berjumlah di atas Rp1 miliar sebanyak 520.043 rekening dengan nominal Rp3.394,89 triliun. Data tersebut tidak memerinci jumlah rekening yang dimiliki oleh setiap orang, dalam artian satu orang dapat memiliki lebih dari satu rekening bank. Data tersebut juga belum termasuk simpanan di Bank Pengkreditan Daerah (BPR) dan lembaga keuangan lain yang juga harus dilaporkan jika di atas threshold.

  • Perluasan Objek Cukai Masih Bisa Dioptimalkan Tanpa Mengubah UU Cukai

Pengamat Perpajakan DDTC B. Bawono Kristiaji mengatakan ekstensifikasi cukai adalah suatu hal yang perlu dilakukan di Indonesia. Hal ini bukan karena jumlah Barang Kena Cukai (BKC) yang minim. Menurutnya, yang lebih penting dari ekstensifikasi BKC yakni keperluan pemerintah untuk mengendalikan konsumsi atau mencegah eksternalitas, menjamin keadilan, serta kebutuhan peneriman negara. Bawono menjelaskan dalam konteks perluasan objek cukai, tanpa mengubah UU yang berlaku saat ini sebenarnya masih bisa dioptimalkan. Pasalnya Pasal 2 ayat 1 UU Cukai telah menyantumkan 4 karakteristik barang yang bisa dikenai cukai, yakni mulai dari peredaran yang perlu diawasi hingga bisa menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan.

Baca Juga: E-Faktur Belum Pakai NPWP 16 Digit, Ini Penjelasan DJP
  • Ditjen Permudah Lapor SPT

Direktur Penyuluhan, Pelayanan dan Humas Ditjen Pajak Hestu Yoga Saksama menegaskan otoritas pajak akan menggunakan strategi jemput bola kepada wajib pajak perusahaan yang memiliki banyak karyawan, sekaligus memfasilitasi pelaporan SPT tanpa datang ke kantor pajak. Kantor Pelayanan Pajak (KPP) juga akan membuka pos pelayanan SPT di sejumlah tempat keramaian seperti pusat perbelanjaan (shopping mall), dengan membuka pojok pajak yang melayani pembuatan EFIN dan e-Filing. Kemudahan itu menjadi strategi utama Ditjen Pajak dalam mengejar target pengumpulan 17,5 juta SPT sepanjang tahun 2018. Target itu meningkat sekitar 1 juta SPT dibanding tahun lalu yang sebanyak 16,6 juta, tapi hanya terealisasi sebanyak 12,5 juta SPT wajib pajak.

  • Penghapusan PPnBM Sedan Picu Pasar Indonesia

Wakil Presiden Direktur Astra Daihatsu Motor Sudirman Maman Rusdi memaparkan harmonisasi pajak kendaraan bermotor perlu dilakukan untuk jangka panjang, sehingga memacu pasar mobil sedan dalam negeri. PPnBM menjadi kambing hitam atas anjloknya penjualan mobil sedan dibanding mobil dengan tipe kecil sebaguna atau (LMPV) yang menyumbang lebih dari 20% pasar otomotif domestik. Mindset sedan sebagai mobil orang kaya juga disebabkan karena tingginya PPnBM yang berlaku. Sudirman mengakui tidak akan ragu memproduksi sedan di Indonesia jika pasarnya bergerak bagus. Namun risiko bisnis akan terlalu tinggi jika menambah jalur produksi hanya untuk ekspor mobil utuh saja. (Amu)

Baca Juga: Kejar Target Penerimaan Pajak, Kemenkeu Optimalisasi Proses Restitusi

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

Topik : berita pajak hari ini, berita pajak, pertukaran data pajak

KOMENTAR

0/1000
Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT

Selasa, 11 Juni 2024 | 09:05 WIB
BERITA PAJAK HARI INI

Perkembangan Coretax DJP, Deployment Direncanakan Akhir 2024

Senin, 10 Juni 2024 | 08:00 WIB
BERITA PAJAK HARI INI

Perluas Basis Pajak, Sri Mulyani Tambah Power KPP Pratama dan Madya

Sabtu, 08 Juni 2024 | 10:45 WIB
BERITA PAJAK SEPEKAN

Coretax Canggih! DJP Bisa Collect Data Transaksi WP secara Seamless

Jum'at, 07 Juni 2024 | 07:00 WIB
BERITA PAJAK HARI INI

Identifikasi Risiko Kepatuhan WP dengan Coretax, Ini Kata Kemenkeu

berita pilihan

Minggu, 07 Juli 2024 | 15:00 WIB
SELEKSI HAKIM AGUNG

Selasa Besok, KY Gelar Seleksi Wawancara Calon Hakim Agung Pajak

Minggu, 07 Juli 2024 | 13:30 WIB
ADMINISTRASI PAJAK

Terima Dana Sponsorship Kena Pajak Penghasilan? Begini Ketentuannya

Minggu, 07 Juli 2024 | 12:00 WIB
KABUPATEN JEMBER

Ada Kenaikan NJOP, Target Penerimaan PBB-P2 Tahun Ini Tidak Berubah

Minggu, 07 Juli 2024 | 11:30 WIB
KEBIJAKAN PAJAK

Pelaku Usaha Kesehatan Perlu Didorong Manfaatkan Supertax Deduction

Minggu, 07 Juli 2024 | 11:00 WIB
INFOGRAFIS PAJAK

Penggunaan Layanan Pajak dengan NIK, NPWP 16 Digit, dan NITKU

Minggu, 07 Juli 2024 | 10:30 WIB
KANWIL DJP JAWA TENGAH II

Tagih Tunggakan Pajak, Juru Sita Blokir Rekening Milik 157 WP

Minggu, 07 Juli 2024 | 09:30 WIB
AUSTRALIA

Per 1 Juli 2024, Negara Ini Pangkas Tarif Pajak Penghasilan

Minggu, 07 Juli 2024 | 09:00 WIB
KEBIJAKAN PAJAK DAERAH

Anggota DPR Usulkan Perguruan Tinggi Swasta Bebas Pungutan PBB

Minggu, 07 Juli 2024 | 08:30 WIB
KABUPATEN SUKOHARJO

Pemda Akhirnya Adakan Pemutihan Pajak setelah Lebih dari 1 Dekade