Logo-Pakpol Logo-Pakpol
Data & Alat
Kamis, 04 Juli 2024 | 14:30 WIB
STATISTIK KEBIJAKAN FISKAL
Rabu, 03 Juli 2024 | 08:55 WIB
KURS PAJAK 03 JULI 2024 - 09 JULI 2024
Senin, 01 Juli 2024 | 09:36 WIB
KMK 10/KM.10/2024
Rabu, 26 Juni 2024 | 08:45 WIB
KURS PAJAK 26 JUNI 2024 - 02 JULI 2024
Fokus
Reportase

DJP Atur Tata Cara Pengumpulan Data Berbasis Kewilayahan, Ini Caranya

A+
A-
5
A+
A-
5
DJP Atur Tata Cara Pengumpulan Data Berbasis Kewilayahan, Ini Caranya

Petugas pajak dengan memakai pelindung wajah dan dibatasi sekat kaca melayani warga wajib pajak dengan layanan langsung atau tatap muka di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama, Solo, Jawa Tengah, Senin (15/6/2020). Melalui Surat Edaran Dirjen Pajak No. SE-11/PJ/2020, Direktorat Jenderal Pajak (DJP) menuangkan prosedur mengenai tata cara kegiatan pengumpulan data lapangan (KPDL) berbasis kewilayahan. (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/wsj)

JAKARTA, DDTCNews - Melalui Surat Edaran Dirjen Pajak No. SE-11/PJ/2020, Direktorat Jenderal Pajak (DJP) menuangkan prosedur mengenai tata cara kegiatan pengumpulan data lapangan (KPDL) berbasis kewilayahan.

SE itu mendefinisikan KPDL Berbasis Kewilayahan sebagai KPDL yang dilakukan oleh pegawai DJP yang mempunyai tugas pengawasan berbasis kewilayahan atau pegawai lain yang ditunjuk Kepala KPP.

"Caranya dengan cara menyisir seluruh bidang, persil, unit, atau lokasi yang meliputi seluruh wilayah kerja KPP, menggunakan peta kerja sebagai dasar pelaksanaan KPDL." tulis DJP dalam surat edaran tersebut, dikutip Selasa (16/6/2020).

Baca Juga: Sering Muncul Istilah AR, Sebenarnya Siapa dan Apa Saja Tugasnya?

KPDL berbasis kewilayahan ini dilaksanakan oleh account representative (AR) pada seksi yang mempunyai tugas untuk melakukan pengawasan berbasis kewilayahan atau oleh suatu tim berdasarkan keputusan Kepala KPP.

Sesuai dengan surat edaran sebelumnya yakni SE-07/PJ/2020, pengawasan berbasis kewilayahan dilaksanakan atas wajib pajak pada KPP Pratama dan ditugaskan kepada AR pada Seksi Pengawasan dan Konsultasi (Waskon) III, Waskon IV, dan Seksi Ekstensifikasi dan Penyuluhan.

KPDL berbasis kewilayahan dibagi dua tahap yakni persiapan dan pelaksanaan. Pada tahap persiapan, AR menganalisis data statistik kewilayahan antara lain jumlah penduduk, jumlah wajib pajak ber-NPWP, jumlah penerimaan, gambaran ekonomi, sektor usaha dominan, dan analisis perpajakan.

Baca Juga: Wah! Banyak AR Jadi Fungsional, Coretax akan ‘Berjalan’ Akhir 2024

Langkah ini diambil dalam rangka mengidentifikasi potensi pajak yang terdapat dalam zona pengawasan yang diamanatkan kepada AR. Selain itu, AR juga harus membuat peta kerja berdasarkan identifikasi potensi pajak yang terdapat pada zona pengawasan masing-masing AR.

Pada tahap pelaksanaan, KPDL berbasis kewilayahan dilaksanakan dengan menyisir seluruh bidang, persil, unit, atau lokasi yang terdapat pada sesuai dengan peta kerja yang telah disusun.

Dalam pelaksanaan KPDL ini, AR mengamati potensi pajak dengan fokus memperoleh data aktivitas ekonomi, harta, wawancara dengan wajib pajak atau pihak lain, tagging terhadap setiap bidang, persil, unit, atau lokasi, hingga mengambil gambar yang menunjukkan aktivitas ekonomi atas aset.

Baca Juga: SDM Pemeriksa Pajak Kurang, Proses Bisnis Pemeriksaan Belum Maksimal

Dari kegiatan tersebut, petugas pajak harus mendapatkan data terkait dengan subjek pajak, objek pajak, longitude dan latitude lokasi, hingga dokumen pendukung. Data subjek pajak yang dimaksud paling sedikit memuat nama, NPWP atau nomor identitas, hingga alamat lengkap.

Apabila data subjek pajak belum dapat diperoleh ketika KPDL berbasis kewilayahan dilaksanakan, data tersebut harus dilengkapi dengan nama wajib pajak beserta nomor identitas yang diperoleh dari pemerintah daerah setempat atau NPWP dari masterfile wajib pajak.

Kegiatan KPDL berbasis kewilayahan ini wajib diselesaikan secara menyeluruh pada satu peta kerja sebelum dilanjutkan pada peta kerja lain sesuai urutan prioritas yang telah ditentukan.

Baca Juga: Siapa Account Representative (AR) dari DJP untuk Anda? Cek Lewat Ini

Apabila wilayah kerja KPP sudah habis dilakukan penyisiran, KPDL berbasis kewilayahan tetap harus dilaksanakan dalam rangka mengumpulkan data baru serta dalam rangka pemutakhiran data.

Sesuai dengan pernyataan DJP sebelumnya, SE ini merupakan panduan bagi petugas pajak dalam melaksanakan pengawasan dan ekstensifikasi berbasis kewilayahan yang sebelumnya sempat tertunda akibat pandemi Covid-19. (Bsi)

Baca Juga: Wah! Sejumlah Alamat WP di Jakpus Didatangi Petugas Pajak, Ada Apa?

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

Topik : KPDL berbasis kewilayahan, pengumpulan data pajak, account representative

KOMENTAR

0/1000
Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT

Rabu, 06 Juli 2022 | 13:30 WIB
KPP PRATAMA BONTANG

Belum Tanggapi SP2DK, Wajib Pajak Dikunjungi Petugas KPP

Senin, 04 Juli 2022 | 17:30 WIB
KPP PRATAMA DENPASAR TIMUR

Ada Pusat Perbelanjaan Baru, KPP Tugaskan AR Gali Informasi Usaha

Jum'at, 10 Juni 2022 | 16:00 WIB
KPP PRATAMA DENPASAR TIMUR

Terindikasi Belum Setor Pajak, WP Konstruksi Didatangi Pegawai Pajak

Kamis, 09 Juni 2022 | 14:30 WIB
KPP PRATAMA DENPASAR TIMUR

Terindikasi Punya Usaha Furnitur, Wajib Pajak Dikunjungi AR

berita pilihan

Jum'at, 05 Juli 2024 | 20:00 WIB
KEBIJAKAN PEMERINTAH

Pemerintah Pusat Siapkan Rp4 Triliun bagi Pemda yang Atasi Isu-Isu Ini

Jum'at, 05 Juli 2024 | 19:30 WIB
ADMINISTRASI PAJAK

Keliru Cantumkan NPWP, Solusinya Bukan Bikin Faktur Pajak Pengganti

Jum'at, 05 Juli 2024 | 19:00 WIB
IBU KOTA NUSANTARA (IKN)

Jokowi: IKN Jadi Sumber Ekonomi Baru, Serap Hasil Tani Daerah Lain

Jum'at, 05 Juli 2024 | 19:00 WIB
PENERIMAAN NEGARA BUKAN PAJAK

Ada Potensi Besar, DPR Minta Pemerintah Perbaiki Pengelolaan PNBP

Jum'at, 05 Juli 2024 | 18:30 WIB
ADMINISTRASI PAJAK

Ingin Batalkan Faktur Pajak Tapi Beda Tahun, Apakah Bisa?

Jum'at, 05 Juli 2024 | 18:09 WIB
RESUME PUTUSAN PENINJAUAN KEMBALI

Sengketa PPh Pasal 26 atas Jasa Luar Negeri

Jum'at, 05 Juli 2024 | 17:30 WIB
ADMINISTRASI PAJAK

Pegawai Pindah Cabang, Hitungan PPh 21-nya Disamakan dengan Resign?

Jum'at, 05 Juli 2024 | 16:00 WIB
KEBIJAKAN KEPABEANAN

Dukung Kelancaran Ibadah Haji 2024, DJBC dan Saudi Customs Kerja Sama